Selain menjual unit Yamaha YZF-R15, PT Yamaha
Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga menghadirkan power kit untuk
motor 150 cc tersebut. Salah satunya ECU dari merek ternama Daytona
seharga Rp 1,5 Juta. ECU ini terbilang unik karena bisa diseting melalui
handphone atau tab berbasis Android versi apa saja.
“Software
nanti kita berikan gratis ke konsumen yang beli ECU Daytona ini,” kata
Muhammad Andarsyah, selaku Supervisor Part Operation Division YIMM. “ECU
Daytona ini racing use only, cocok untuk trackday atau cornering,”
wantinya.
Ada 3 mode setingan, pertama EZ (quick tuning) untuk
konsumen pemula. Kedua sport (fine tuning) untuk konsumen pro. Dan
terakhir ada racing (competition tuning).
EZ untuk pemula terbagi lagi dalam 3 jenis setingan default, ECO
yang mengedepankan konsumsi bahan bakar dengan power meningkat 0,5 dk.
“Lalu Lite Tune untuk yang sudah mengganti knalpot racing. Dan Power
Tune, jika motor sudah bore-up,” pria berkantor di Pulo Gadung, Jaktim
ini.
Kalo kurang puas bisa pilih mode Sport. Di mana bisa seting
limiter mesin per 500 rpm, kemudian menambah suplai bahan bakar sekian
persen dari suplai standar motor, mulai dari putaran mesin rendah sampai
tinggi yang dibagi dalam 4 blok.
Masuk ke setingan Racing maka
lebih kompleks lagi. “Mulai dari memilih kapasitas mesin motor jika
sudah bore-up, batas bore-up bisa sentuh hingga 300 cc lebih! Konon ECU
ini dipersiapkan juga untuk Yamaha R25 loh. Lalu mengatur batas putaran
mesin maksimal, hingga flow rate injector yang bisa di-adjust naik atau
turun,” tutup pria ramah ini.
1. Untuk pemula cocok pakai EZ, enggak ribet tinggal pilih mau ECO, Lite Tune atau Power Tune
2. Seting sendiri batas limiter per 500 rpm di mode sport
3. Ini setingan suplai BBM di mode Sport, ada 4 blok yang menandakan putaran mesin bawah sampai atas
4. Setingan mode Racing lebih kompleks bro, ada
10 blok setingan putaran mesin dari bawah sampai atas. Hati-hati, salah
seting malah motor enggak mau lari. Mudah ya!