Keyword Density adalah berapa kali sebuah kata atau
frase yang digunakan dalam tulisan, dibagi dengan jumlah kata artikel,
dan dinyatakan sebagai persentase. Sebagai contoh, jika sebuah
artikel tertentu terjadi 10 kali pengulangan dalam sebuah artikel dengan
panjang 500 kata berarti ukuran kepadatan kata kunci tersebut akan
dibagi 10 dengan cara pembagian seperti ini, 500 x 100 = 2%. ini jumlah
keseluruhan dari artikel yang di tulis 500 kata dengan mengulang keyword
sebanyak 10 kali. anda bisa bandingkan sendiri dengan menerapkan skala
pembagian diatas.
Peran
penting keyword density sendiri adalah optimasi seo onpage. jadi jika anda sudah menerapkan atau melakukan penulisan dengan cara melihat
kepadatan keyword density yang berarti anda sudah melakukan optimasi seo
onpage. namun jika belum berarti anda juga belum optimasi seo onpage
untuk kategori artikel seo. Untuk
meneliti kepadatan kata kunci atau jumlah keyword density anda bisa
menggunakan tool online seperti www.zippy.co.uk. yang sudah terbukti
bisa mengukur semua kepadatan kata kunci dalam artikel. dalam tool
tersebut anda akan mengetahui frase keyword berdasarkan metrix dari
artikel yang kita tulis.
Berbekal semua informasi kata kunci yang tepat, Anda sekarang dapat
menulis artikel seo dan menaburkan keyword density yang tepat. dalam
menulis artikel seo usahakan anda sudah menemukan topik yang jelas dan
kata kunci atau keyword yang tepat.
Usahakan dalam menerapkan keyword density disetiap paragraf yang anda
tulis. dan sesekali anda bisa membuat atribut vbold atau underline
bahkan menggunakan atribut heading. semua sah-sah saja. yang terpenting
anda harus tahu baha dalam 500 kata dengan mengulang 10 kali yang
berarti jumlah keyword density tersebut 2% jika ingin 3% anda harus
menggulang kurang lebih 15 kali dan begitu seterusnya.
Lantas bagaimana jika kita ingin mengalahkan pesaing kita ?
ini sering ditanyakan banyak orang, sebenarnya itu mudah jika memang
kompetitor tidak terlalu banyak namun juga bisa sulit karena pertarungan
kata kunci tertentu. yang perlu anda lakukan untuk mengalahkan pesaing
anda dalam konteks menggunakan dan menerapkan keyword density adalah
- Cek keyword density pesaing anda dengan menggunakan tool www.zippy.co.uk
- Hitung menggunakan persentase yang sudah saya berikan caranya.
- Selanjutnya
anda bisa cek apakah pesaing anda menggunakan kata kunci yang sama
dengan anda atau tidak. ini perlu analisa lebih mendalam untuk bisa
menggabungkan kata kunci yang baik.
- Yang
terakhir cek juga Apakah kata kunci tersebut memiliki pencarian global
yang tinggi atau tidak, untuk melihatnya bisa menggunakan keyword
planner dari google atau langsung saja melihat di hasil pencarian.